Cara Ampuh Mengatasi BBM Lemot Dan Selalu Pending

15:38:00
BBM adalah sebuah aplikasi intsan Mesengger yang sangat merjalela di tahun ini, kalo kita lihat Smartphone Android pasti di dalamnya terinstal Aplikasi BBM ini. BBM yang di sengkat dari BlackBerry Messenger ini membantu kita mengirimkan pesan dengan mudah, namun disisi lain juga terdapat kelemahan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja aplikasi anda dan juga ponsel Android anda.
Cara ampuh mengatasi bbm android error

Berikut ini adalah masalah yang sering di alami oleh pengguna BlackBerry Messenger di Android

1. BBM tiba-tiba tertutup sendiri.
Masalah ini sering terjadi di Android cina dengan spesifkasi Ram Kecil, Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena jika ponsel kita mempunyai ram kecil tapi anda menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan (multitasking) kemungkinan besar RAM di ponsel anda menjadi Overload/kelebihan kapasitas dan jika anda sedang membuka aplikasi bbm maka bbm akan tertutup dengan sendirinya.

2. Pending/Menyambungkan
Pending adalah hal yang sudah gak jarang lagi di bbm, penyebab pending itu bermacam-macam.
  • pending karena sinyal dari operator.
  • pending karena server pusat bbm yang error.
  • pending karena aplikasi bbm di ponsel anda bermasalah.
Jika bbm anda mengalami pending, maka ketahui dulu penyebabnya, 3 penyebab bbm pending di atas adalah penyebab umum yang sering terjadi, jika sinyal di ponsel anda sudah bagus namun masih tetap pending kemungkinan aplikasi bbm anda yg bermasalah. solusinya akan saya jelaskan di bawah.

3. BBM tidak merespon, apakah anda ingin menutupnya.
Masalah ini jarang terjadi, tapi saya sering mengalaminya. penyebabnya hampir sama di nomer satu tapi yang ini lebih parah lagi. penyebab bbm minta di tutup ini adalah karena Ram Android anda kecil dan terlalu banya file sampah dari BBM yang tidak pernah anda bersihkan.

4. BBM tidak pending, tapi ketka sudah masuk ke aplikasi bbm malah macet.
Sudah tidak pending, sinyal bagus, sudah bisa masuk ke bbm, eh malah macet di jalan. penyebab aplikasi bbm macet tersebut adalah karena data di aplikasi bbm anda Overload atau terlelau banyak menerima data yang masuk ketika anda sudah masuk ke aplikasi bbm tersebut.
Solusinya adalah jangan membuka "Umpan" terlebih dahulu ketika anda baru membuka aplikasi bbm.

Solusi memperbaiki aplikasi BBM yang error, macet dan sering pending

Oke langsung saja. disini saya akan menjelaskan cara mengatasi bbm error, macet sering pending

1. Pertama tutup dulu aplikasi bbm anda, Masuk ke pengaturan  >  Aplikasi/APPS  >  lalu cari Aplikasi BBM jika sudah ketemu klik "Paksa Berhenti".
Nah dengan begitu aplikasi bbm anda akan tertutup dan tidak akan menerima data walaupun menyalakan data internet.

2. Masih di pengaturan tersebut, setelah anda memilih "Paksa Berhenti" maka langsung saja anda bersihkan cache dengan klik "Hapus Cache"yang berada di bawah. (lihat gambar)
Ingat!! hapus cache, jangan sampai salah klik hapus data. hapus cache bbm anda secara rutin jangan sampai melebihi 50Mb karena sangat berpengaruh dengan kinerja,

3. Jika cache sudah di bersihkan, saatnya kita menghapus file sampah. caranya mudah kok.
Masuk ke File Manager > Masuk ke Penyimpanan Memori anda > Masuk ke Folder "Android" > Cari Folder com.bbm

Lalu hapus folder tersebut, jika file sampah banyak maka proses penghapusan akan sangat lama.

4. jika File sampah sudah di bersihkan maka nyalakan dulu data internet di android anda, lalu masuk ke Aplikasi bbm, perhatikan apakah sudah ada perubahan? jika anda melakukan 3 cara di atas pasti sudah lancar kembali. namun agar bbm anda menjadi super lancar ada 1 hal yang harus anda lakukan lagi.

5. Matikan fitur "Tampilkan yang orang lain dengarkan". fitur ini hadir di bbm versi terbaru dan versi lama, memang sih fitur ini sangat keren, kita bisa tau apa yang orang lain dengarkan. tapi justru fitur inilah yang membuat bbm anda semakin lemot.

Kenapa bisa begitu? yaps, jika ada orang lain yang sedang mendengarkan musik otomatis akan terjadi Sinkcron data yang akan mengirim data dari ponsel teman anda ke server bbm. bayangkan jika ada 100 orang yang sedang mendengarkan lagu semua? pasti akan lemot kan?

Nah, begitulah cara mengatasi aplikasi bbm yang lemot, sering pending dan minta ditutup. dari cara di atas memang tergolong sederhana tapi sangat ampuh untuk memeperbaiki bbm anda.

Pertanyaan paling umum mengenai bbm...
Mas, jika saya menggunakan bbm versi lama gimana?
Sebenarnya bbm versi lama dan terbaru perbedaannya hanya sedikit termasuk di bagian fitur, tapi jika Os android anda sudah mendukung bbm versi terbaru maka saya sarankan untuk menggunakan bbm versi yang terbaru yang bisa anda download gratis di Play Store.

Mas, kenapa bbm saya memakan ram banyak banget? gak kaya waktu pertama buat bbm dulu
Penyebabnya adalah karena kontak bbm anda sangat banyak. Nah, jika kontak bbm anda banyak otomatis penyimpanan data di kontak anda akan tersimpan di aplikasi bbm yang anda instal tersebut. tidak hanya itu, pesan lama yang tersimpan di bbm anda juga bisa menghabiskan RAM. saran saya adalah untuk menghapus kontak yang tidak anda kenal dan juga menghapus pesan lama yang sudah tidak penting lagi. itulah mengenai bbm dan penyebab bbm memakan ram sangat banyak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Sejauh ini hanya 88% Komentar yang di approve. jangan pernah buang waktu untuk nyepam di sini.. EmoticonEmoticon