10 Tips Menghemat Battery Android Semua Merk

12:56:00
Sistem operasi android merupakan os paling terlaris yang hadir ponsel berjenis layar sentuh. sistem operasi ini menwarkan fitur yang sngat menarik dan gak ada di os lain. Nah karena kecanggihan  nya itulah yang membuat Android langsung di serbu oleh semua kalangan.
 10 Tips Menghemat Battery Android


Meski di bilang canggih Android mempunyai kelemahan yang paling serius yaitu adalah battery.  Daya ponsel Android tidak bisa bertahan lama seperti ponsel Nokia yang ber OS Java.

Sampai saat ini pun sangat banyak teman yang mengeluh masalah battery di Android. permasalahan nya di sini adalah "Bagaimana Cara Menghematnya?"

1. Jangan Instal Terlalu Banyak Aplikasi
Android memang di perbolehkan menginstal banyak Aplikasi tergantung besar kecil nya Ram. Jika ponsel anda mempunyai Ram banyak biasanya akan mengistal beberapa aplikasi dan games sangat banyak sekali hingga tampilan Menu menjadi berserakan.

Itulah yang membuat Android menjadi Lelet dan akhirnya memakan daya battery yang berlebihan. Coba aja dah di logika seumpama ponsel anda Menampung 10 Aplikasi dan Aplikasi itu berjalan semua tentunya membutuhkan daya battery untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut dan itulah yang membuat battery menjadi Boros.

2. Nyalakan Data Internet Jika perlu saja.
Internetan menggunakan android bisa di bilang sangat menyenangkan, untuk mulai internetan pun harus menyalakan Data nya terlebih dahulu. hmm sepertinya agak merepotkan tapi mau gimana lagi semua android memang begitu.

Namun hal itulah yang menyebabkan battery boros, untuk menghematnya anda cukup mematikan koneksi internet jika sudah tidak di gunakan. Apa repotnya sih tinggal klik doang? Apalagi jika di wilayah anda sulit menjangkau sinyal maka tentunya Android akan terus mencari sinyal internet hingga membuat Hp menjadi sangat panas dan Boros.

3. Cek Kondisi Battery Android Anda
10 Tips Menghemat Battery Android
Belum tentu battery yang anda gunakan itu normal, karena akhir-akhir ini sering saya temukan battery android bodongan yang di jual bebas di pasaran. dan penjual itu mengatakan bahwa battery yang di jual adalah Asli Double Power.

Tapi setekah satu minggu di pakai battery menjadi sangat panas dan daya habis dalam waktu singkat. hal itu cukup membuat saya kecewa.

Itu bukan kesalahan penjual battery, itu adalah kesalahan saya sendiri "Kenapa Tidak Teliti Dalam Memilih Battery?"

Ada pula battery yang sudah rusak cirinya adalah sangat mudah panas dan sudah menggelembung. penyebab battery panas dan menggelembung adalah terlalu sering menggunakan nya sambil di Charger.

Hal itu memang di anggap sepele, entah itu main game, facebook.an, telvon dll pokoknya kalo sambil di charger itu bukanlah hal yang baik. jika anda melakukan itu secara terus menerus maka Lama kelamaan battery ponsel android anda akan cepat rusak dan cepat mengalami panas.

4. Jangan Gunakan Aplikasi Penghemat Battery
Aplikasi Penghemat Battery, hmm kelihatan sangat keren tapi masak sih aplikasi bisa menghemat battery? Tapi menurut saya itu "Tidak"

Sebelumnya mohon maaf bukan maksud menjelekan Produk atau apalah, tapi disini saya cuma mengingatkan bahwa Battery adalah Hardware dan Aplikasi merupakan Software. coba deh di pikir pakai akal.

Aplikasi penghemat battery cara kerjanya biasanya adalah dengan mematikan aplikasi yang berjalan dan mengurangi Kontras pencahayaan. namun di balik itu ternyata Aplikasi penghemat battery berjalan di latar belakang secara nonstop dan paling banyak memakan daya batery. sama aja kan?

5. Kurangi Kontras Pencahayaan Layar
Layar di android menghabiskan daya paling banyak yang nomer 2 setelah sistem dan kadang layar juga menghabiskan battery paling banyak.
10 Tips Menghemat Battery Android

Anda tahu kan kalo menyalakan lampu yang terang itu butuh daya listrik yang tinggi pula?
Begitu juga dengan layar android.  saran dari saya adalah meredupkan layar hingga paling redup. tujuan nya adalah mengurangi konsumsi daya battery apalagi untuk anda yg tidak bisa lepas dari hape.

Tujuan nya bukan untuk battery saja namun juga untuk menyehatkan pandangan mata agar tidak terlau terang saja. Untuk menguranginya silahkan masuk ke Pengaturan > Tampilan > Cahaya > Lalau geser ke kiri hingga menjadi paling redup.

6.   Atur Waktu Mati layar Android
Car menghemat battery nomer enam adalah dengan mengatur waktu tidur layar android, Logika nya gini : Semakin lama layar menyala maka semakin banyak pula daya battery yang di makan. layar menyala saat di pakai pun sebenarnya tidak masalah.

Tapi jangan biarkan layar android menyala dalam keadaan yang tidak di pakai, Nah maka dari itu anda harus mengatur waktu tidur layar android. caranya semua pasti udah tau jadi saya gak usah jelaskan aja.

7. Matikan Fitur Pintar di Android
Tidak semua jenis Android memiliki fitur ini, fitur pintar biasanya menyebabkan hape tambah lelet dan juga memakan daya battery paling banyak. Contoh fitur pintar yang paling Umum adalah Rotasi layar otomatis (Auto rotation) dan Air Gesture. Fitur tersebut memang sangat berguna tapi sangat jarang yang memakai.

Nah, maka dari itu agar battery android anda hemat maka matikan saja fitur tersebut agar tidak selalu berjalan sendiri.

8. Gunakan Modus hemat Battery

Mode hemat battery adalah fitur bawaan dari android, dengan fitur ini ponsel anda akan di atur ke penghematan battery secara otomatis termasuk layar dan pencahayaan.  sayangnya fitur ini tidak ada di semua android dan biasanya ada di android Jelyben ke atas.

9. Matikan Fitur "OK Google" di Android anda

10 Tips Menghemat Battery AndroidFitur ini berfungsi untuk pencarian suara yang akan di teruskan mesin Google, memang terlihat sangat profesional banget. Tapi jika fitur ini terus menerus aktif maka hal itu bisa membuat battery anda boros.

Hal itu di sebabkan karena Fitur ini akan merekam setiap kata yang anda ucapkan walau dalam keadaan layar mati (sleep). meski fitur ini di bilang canggih namun kebanyakan masih jarang yang menggunkan nya.

Nah , maka dari itu untuk anda yang ingin menghemat battery android maka matikan saja fitur pencarian OK Google ini dengan masuk ke Aplikasi Penelusuran suara >  Plih Suara > Pilih "Deteksi Ok Google" Lau anda atur sendiri seperlunya, namun jika anda sama sekali tidak menggunakan fitur ini maka bisa "Close" Semuanya.

10. Matikan aplikasi yang tidak di pakai
Cara menghemat battery android yang terkahir adalah dengan mematikan semua aplikasi yang tidak di pakai. terkadang kita sendiri lupa saat memakai aplikasi dan keluar dari aplikasi tersebut tanpa menutupnya.

Hal itu di sebut multitasking, menjalankan aplikasi di latar belakang dan menggunakan aplikasi lain nya. agar tidak ada aplikasi yang masih berjalan di latar belakang maka anda hindari menekan tombol Home saat menggunakan aplikasi, jika ingin keluar tekan saja Tombol Back.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang masih berjalan masuk saja ke Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi Berjalan. Nah di situlah kita bisa melihat daftar aplikasi sistem dan aplikasi anda yang sedang berjalan. untuk menghentikan nya silahkan tekan salah satu daftar aplikasi tersebut lalu klik "Paksa Berhenti".

Nah, Saya rasa cukup dah dengan cara-cara di atas untuk menghemat battery android anda, jika anda merasa sudah melakukan cara di atas namun tetap saja battery android masih boros berarti Battery yang anda gunakan sudah busuk dan wajib di ganti agar nyaman saat menggunakan ponsel tanpa ada masalah dengan battery lagi. :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Sejauh ini hanya 88% Komentar yang di approve. jangan pernah buang waktu untuk nyepam di sini.. EmoticonEmoticon