Cara Sederhana Mengoptimalkan Seo Di Blog Dan Postingan

08:33:00
Seo dalam sebuah postingan memang sangat penting. sebagai seorang blogger tentunya kita ingin agar blog kita bisa tampil sempurna di mesin pencari.

Agar seperti itu maka yang harus kita lakukan adalah mempelajari dan mempraktekan yang namanya SEO (search engine optimasion). Sebagian blogger mungkin sudah melakukan beberapa teknik seo agar blog bisa tampil sempurna di mesin pencari, seperti mengganti template, mancari backlink dan tetek mbengek lain nya.

Dengan melakukan usaha seperti itu kadang blog juga belum tampil sempurna di mesin pencari, hal itulah yang terkadang bikin jengkel.

"Mas, saya sudah melakukan seo sebaik mungkin tapi udah sebulan lebih kok gak ada yang keindex Google?"

Pertanyaan itu sering saya dengar, agak sulit juga untuk menjawabnya daripada susah saya harus ngetik satiu persatu maka di postingan kali inilah saya akan menjawabnya.

Seo itu tidak bisa di lakukan dengan mudah dan cepat... 

Agar blog anda bisa selalu tampil page one di mesin pencari Google maka anda harus mengoptimalkan apapun yang ada di blog anda seperti :

Mengganti dengan template blog yang Seo Friendly
Template memang sangat bisa mempengaruhi dalam seo, jika sobat masih menggunakan template bawaan blogger maka harus sobat modifikasi template agar lebih seo.

Bagi sobat yang tidak terlalu paham HTML mungkin akan kesulitan, kalo begitu maka ganti template hasil buatan sang master. template buatan tersebut bisa anda dapatkan gratis dan juga berbayar.

Karena judulnya di sini cara sedernaha mengoptimalkan seo maka saya sarankan untuk memilih yang gratis. untuk mencarinya pun cukup mudah, sobat tinggal masuk ke Google.com lalu cari dengan kata kunci "Template Blog gratis" dengan begitu anda akan akan melihat dari beberapa hasil pencarian dan silahkan memilih sesuai hati sobat.

Namun memilih template tidak boleh sembarangan, di postingan saya sebelumnya sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya..

Mendaftarkan Blog ke Google Search Console
Google search console adalah tempat mengontrol blog di mesin pencari, dengan situs yang di sediakan oleh Google ini blog anda akan menjadi lebih mudah untuk melakukan optimasi karena dengan alat ini anda akan mendaptakan laporan terkait keadaan blog anda di mesin pencari.

Jika anda sudah melakukan cara di atas maka yang harus anda lakukan adalah mengoptimasi sebuah postingan dalam blog.

Postingan dalam blog menjadi sangat penting untuk kedatangan pengunjung. pengunjung yang datang di postingan kebanyakan akan datang dari mesin pencari.

Pengunjung yang datang dari mesin pencari beda dengan pengunjung setia dengan blog anda. jika anda memiliki pengunjung blog setia biasanya akan masuk ke blog anda dengan mengetik nama domain blog sobat.

Begini contohnya, ada orang yang suka dengan blog ini maka kemungkinan orang itu jika mau datang lagi ke blog ini akan mengetikan nama domain di kolom Adress browser yang mereka gunakan.
 
Berbeda dengan yang datang dari mesin pencari, jika pengunjung yang datang dari merin pencari maka otomatis akan langsung masuk ke sebuah postingan.

Melakukan sebuah optimasi sebuah postingan yang ada di blog terkadang menjadi sangat sulit.

Pernah ada sebuah pertanyaan begini.. :

"Mas, kalo saya ngetik judul postingan blog saya di google kok gak pernah muncul, tapi kalo ngetik nama domain dan nama blog kok selalu muncul paling atas?"

Kasus tersebut sangat sering terjadi, hal itu di sebabkan karena postingan di blog sobat belum di index Google alias belum di cintai Google. Nah, agar postingan anda bisa di sukai google maka anda harus melakukan sebuah optimasi pada postingan blog anda agar lebih seo.

Begini Caranya :

1. Buat postingan yang unik
Sebuah postingan yang ada di blog sobat harus di buat sebagus mungkin, lalu bagaimana postingan yang bagus itu?
  • Hasil pemikiran sendiri
  • Menggunakan font yang jelas dan tidak membingungkan
  • Satu paragraf tidak melebihi 5 baris
  • Dll

2. Menentukan Keyword dalam postingan
Kata kunci postingan yang ada di blog anda harus dituju, jika di postingan anda tidak mempunyai sebuah keyword maka akan sulit terindex Google.

Sebagai contoh anda akan membuat postingan yang berjudul "Cara menghemat battery Android" maka yang akan anda bahas adalah sebagaimana menghemat sebuah battery di android dan jangan membahas topik ngalor ngidul yang tidak sesuai dengan judul postingan.

3. Optimasi di deskripsi penelusuran
Deskripsi penulusuran adalah kata-kata yang akan muncul di hasil pencarian. walaupun belum tentu muncul tapi lebih sering di munculkan oleh Google.

Fungsi deskripsi penulusuran tidak hanya untuk Google, tapi juga untuk menambah klik dari pengunjung yang menggunakan mesin pencari.

Sebagai contoh anda mencari di Mesin pencari Google dengan kata kunci : "Cara menghemat battery andoid" biasanya yang paling pertama di buka adalah yang berada di halaman pertama yang paling atas.

Namun jika ternyata deskripsi yang urutan nomer 2 atau 3 lebih menarik pasti anda akan masuk ke situs tersebut kan? Itulah fungsi deskripsi penelusuran di mesin pencari untuk seo.


4. Mengatur Permanen link dengan keyword
Permanen link biasanya sering di abaikan, permanen link biasanya hanya terdiri dari 5 kata yang ada di judul. Jika judul blog anda panjang maka kata dari judul yang ke 6 tidak akan masuk ke permanen link.

Agar permanen link bisa lebih panjang maka anda harus melakukan sedikit modifikasi sebelum postingan di publikasikan..

Lihat gambar berikut ini :
Cara mengoptimalkan seo

Dengan melihat gambar di atas saya rasa anda sudah paham dengan cara mengganti permanen link di blogger. untuk permalink agar lebih seo maka anda harus menambahkan kata kunci di dalamnya.

5. Mengoptimalkan judul postingan
Judul postingan harus di buat menggoda seperti janda muda, salah satu alasan kenapa pengunjung datang ke blog anda adalah karena judulnya.

Dan judul juga bisa berpengaruh posisi blog anda di mesin pencari, memberi judul postingan harus sesuai dengan topik dan keyword yang di bahas di dalam postingan. ketika sobat memberi judul usahakan judulnya di buat seunik mungkin dengan menambahkan sebuah kata kunci (keyword) di dalam judul tersebut.

Sebagai contoh dalam postingan ini saya menembak artikel dengan kata kunci "Cara Mengoptimalkan Seo" maka saya modifikasi judul hingga menjadi "Cara Sederhana Mengoptimalkan Seo di Blog dan di Postingan"

Seperti saya beri warna merah tersebut  adalah sebuah keyword yang saya masukan di dalam judul, dengan begitu akan memberi tau Google bahwa postingan anda menembak sebuah keyword yang telah di tentukan.

6. Gambar di postingan
Yang terakhir adalah mengoptimasi gambar yang ada di postingan, jika sobat mempunyai postingan yang di sertakan gambar maka gambar tersebut harus di optimasi dengan menggunakan fitur keren dari Blogger.com yaitu "Alt" dan "Title" .

Caranya cukup mudah, Masuk ke editor postingan > Klik Gambar > klik Properties lalu masukan kata kunci di dua kolom yang telah tersedia > Setelah itu klik Ok

cara sederhana mengoptimalkan seo
Nah, itulah cara sederhana mengoptimalkan seo yang ada di blog dan di postingan, mungkin masih ada cara lagi yang bisa untuk meningkatkan seo tapi 6 cara sederhana di atas adalah cara faforit saya selama ini.

Untuk yang nomer 4 ketika mengatur permanen link harap berhati-hati, jika permanen link yang anda buat terlalu panjang maka menjadi tidak bagus, saran dari saya untuk permanen link hanya terdiri dari 4-5 kata saja..
Mungkin cuma itu tulisan saya kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
29 May 2016 at 06:27 delete

tipsnya bermanfaat gan,
makasih infonya, ane terapin dulu tips ente (Y)

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
29 May 2016 at 06:35 delete

keyword emang pengaruh banget ya gan?

Reply
avatar
29 May 2016 at 06:40 delete

iya, dengan keyword Google akan tau topik apa yang sedang di bahas di postingan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
29 May 2016 at 07:53 delete

Sedaaaaaappp nice post

Reply
avatar
Sugih Bayu
AUTHOR
29 May 2016 at 08:01 delete

Yang Paling Susah Membuat Konten Yang Menarik gan

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
29 May 2016 at 16:28 delete

saya setuju dg semua cara di atas. sangat membantu

Reply
avatar
30 May 2016 at 20:31 delete

Membuat konten menarik itu mudah, cara mendatangkan pengunjungnya itu yang susah

Reply
avatar
15 July 2016 at 11:18 delete

Terima Kasih jika menurut anda membantu :D

Reply
avatar

Sejauh ini hanya 88% Komentar yang di approve. jangan pernah buang waktu untuk nyepam di sini.. EmoticonEmoticon